Cari Blog Ini

Laman

Powered By Blogger

Sabtu, 10 Juli 2010

KONSEP KARMAPALA DALAM PRASTHANIKAPARWA

KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas bimbungan dan petunjuknya sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah sastra jawa kuna prosa dengan judul konsep karmapala dalam prasthanikaparwa.Makalah ini dibuat untuk menyelesaikan tugas sastra jawa kuna prosa,agar mendapatkan nilai yang sempurna.


Tidak lupa ucapan terima kasih penulis sampaikan pada:
1.Hardinto.M,hum sebagai dosen pembimbing mata kuliah sastra jawa kuna prosa
2.Teman-teman satu kelas yang ikut memberi motivasi dan dukunganya
3.Semua pihak yang membantu dan mendukung terselesaikanya makalah ini.


Penulis meminta maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.Penulis senantiasa menerima masukn dari pembaca untuk perbaikan makalah ini.Semoga makalah ini senantiasa bermanfaat untuk kemajuan kebudayaan jawa sekarang ini,dan menambah pengetahuan pada pembaca semua.





Yogyakarta.01 Desember 2008





BAB I
Pendahuluan

A.Latar belakang.
Sastra jawa yang dikenal kaya telah berkembang sejak awal sekali.Tumbuh lewat beberapa fase,dari jawa kuna,jawa menengah sampai jawa modern dan menunjukan aneka ragam perwujudan,dari naskah filsafat dan keagamaan berbentuk prosa,kakawin yang berbentuk jawa kuna prosa,kakawin yang berupa puncak perkembangan puisi.Sampai ke tulisan kerakyatan,bahwa sastra jawa dari jaman kuno dan menengah itu bukan menjadi bacaan mudah atau ringan.
Demikian halnya dengan naskah kuno diseluruh dunia,dan terutama dengan naskah lama jawa kuna.Guna dapat memahami suatu naskah berbahasa kuna,diperlukan studi khusus,bahkan cabang ilmu khusus.Untuk itu diperlukan sekali studi yang mendalam dibidangnya.
Seluruh dunia telah maklum akan hasil gemilang yang dicapai bangsa indonesia dahulu kala dalam hal kesenian.Lewat karya seni mereka mengungkapkan ide-ide religiusnya beserta pandanga mereka tentang manusia dan alam semesta.Bagaimanapun ada satu bentuk seni lainya yang terpelihara hingga kini.Tetapi yang saranya merupakan suatu rintangan sehingga sukar dinikmati oleh angkatan berikutnya karena yang tidak terbias lagi dengan sarana tersebut.Apalagi manusia dari negara lain yang lain pula kebudayaanya.Bagian besar sastra jawa kuna berhasil diselamatkan dalam perjalanan dari abad ke abad dan kini masih ada.Sering kali dalam keadaan yang lebih baik dari pada monumen-monumen batu.Isi yang terkandung dalam prasthanikaparwa secara garis besar adalah tentang perjalanan para pendawa meninggalkan hastinapura ketengah hutan untuk mencari surga.ada berbagai kandungan nilai yang baik.Untuk itu pada pembahasan selanjutnya adalah mengenai uraian secara singkat tentang apa saja yang ada dalam cerita ini.namun yang lebih spesifik disampaikan adalah mengenai buah atau hasil perbuatan yang lebih dikenal dengan karmapala


B.Tujuan.
1.Sebagai generasi muda kita harus tau dan peduli dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan budaya jawa.
2.Perlunya kita mempelajari naskah kuna karena dalam naskah tersebut terdapat pemikiran orang jawa jaman dulu,sehingga kita tau bagaimana karya-karya sasra tersebut dibuat.
3.Epos mahabharata memiliki kandungan nilai edukasi yang tinggi,sehingga kita sebagai generasi penerus memiliki moral dan intelegensi yang tinggi

C.Manfaat.
1.Kita jadi bisa tau bagaimana perkembangan sastra jamn dahulu
2.Setiap perbuatan manusia pasti akan mendapatkan balasnya,sesuai dengan konsep karmapala.





















BAB II
Kajian teori

1.Definisi prasthanikaparwa
Kakawin merupakan karya sastra yang sejenis dengan puisi jawa kuna(Depdiknas,2001:491).Karya sastra jawa kuna terutama kakawin dipengaruhi oleh bahasa lain,bahasa snsekerta yang merupakan bahasa ilmu pengetahuan,filsafat,dan sastra yang dipaki oleh lapisan atas,khususny brahmna dan kalangan istana,sangat barpengaruh terhadap perkembangan sastra jawa kuna(Zoetmulder oleh Purwadi,2005&3).Adalah satu kakawin besar yang sangat besar adalah mahabharata.Kakawin Mahabharata terdiri dari 18 parwa(Hazim amir oleh Purwadi,2005:21)
Ditinjau dari asal kata atau etimologinya Prasthanikapharwa berasal dri kata Prasth yang dalam bahasa jawa kuna(Bahasa kawi)berartigithok,kemudian mengarah pada arti yang kedua adalah tetep.Dan parwa yang berarti cerita(Kamus kawi-jawa:218)
Selebihnya prasthanikapharwa diartikan sebagai cerita yang berisi tentang perjalanan para pandawa mendapatkan buah hasil perbuatan mereka sendiri-sendiri.

2.Ringkasan isi cerita
Pandawa yaitu yudhistira, bhima, arjuna,nakula, sahadewa bersama dropadi meninggalkan hastinapura.mereka diikuti oleh seekor anjing yang amat setia tetapi tidak diketahui dari mana asalnya.pada saat itu kekuasaan hastina ada pada tangan parikesit putra Abhimanyu,cucu Arjuna.Mereka ingin melepaskan diri dari keduniwian dan ingin mencari surga.Karena ketika berita mengenai musnahnya para Yadu pada Yudhistira,ia menggabungkan diri dengan adik-adiknya,siap-siap meninggalkan ibukota dan menuju kehutan.Dalam perjalanan mereka bertemu dengan dewa Agni yang memerintahkan agar Arjuna melemparkan senjatanya kelaut,kemudian smpailah meraka di Himalaya dan sesudah itu di padang gurun,sambil terus menerus melakukan yoga pemusnahan.Dropadi adalah yang pertama kehilangan kekuatan,karena ia terlalu mengasihi Arjuna lebih dari suami-suami lain..Kemudian menyusulah Shadewa karena ia mengira ialah yang paling cerdas,lalu Nakula karena ia mengira yang paling tampan.
Lalu Arjuna karena ia pernah menyombongkan pernah membunuh musuhnya dalam satu hari.Werkudara karena ia terlalu menyukai makanan serta kasar dan kurang halus dalam berbicara.Hanya Yudhistira yang masih tinggal,lalu nampaklah Dewa Indra yang mengajaknya ke surga dengan kereta.Tetapi ia menolaknya kalau anjing setianya tidak ikut.kemudian anjing tadi berubah menjadi dewa Dharma danYudhistura diangkat kesurga tanpa meninggalkan badanya.Tetapi ketika di surga ia tidak menemukan saudaranya beserta Dropadi,iapun tidak mau tinggal disana.Sebagai hadiah kejujurn dari Yudhistira,Dewa Dharmapun menghidupkan kembali Pendawa

3.Fungsi pembahasan cerita prasthanikaparwa
a.Sebagai bahan yang sarat dengan nilai-nilai yang berhubungan dengan buah perbuatan yang dapat dipetik hasilnya selama ia seorang masih hidup didunia
b.Sebagaimana cerita terdahulu cerita ini juga brfungsi sebagai pemahaman mengenai apa saja yang telah dialami oleh Pandawa.


















Bab III
Pembahasan


A. Terjemahan Prasthanikapharwa
Mangka ling sang waicampayana.Muwah matakwan Maharaja janamejaya ling nira:
”sajna mahamuni,apa ta ulah maharaja Yudhistira ,ri huwus nira rumengo ri kapejah sang watek yadu? Aparan ika gawe nira tumuluy warahen ta pinakang hulun ”

1. Demikian perkataan Sang Waisampayana.Bertanyalah Raja Jayamejaya:
”Wahai Sang Pendeta,perbuatan apakh yng dilakukan Maharaja Yudhistira setelah berakhirnya kaum yadhu? Menurut anda,apakah itu membuatnya meneruskan perjalananya?
Demikian perkataan Jayamejaya .
Bhagawan Waisyampayana menjawab.Ujarnya
”ketika Maharaja Yudhistira diberitahu oleh Arjuna ,ia berkata:
”hamba ingat,Sang dewa maut yang meyebabkan semua kematian,Tuanku juga mengetahui tentang cerita Sang Dewa Maut.Oleh karena itu sepantasnya tuanku memberitahu pada sanak saudara tentang perjalanmu ke belantara yang akan menemui 3 dunia,janganlah tuanku mencintai kerajaan dunia”.
Demikianlah perkataan Maharaja Yudhistira.Arjuna berkata kepada semua sadaranya tentang maksud perjalanan maharaja Yudhistira ke hutan .Dropadi juga diberi tahu,semua menyetujuinya untuk melakukan perjalanan ke hutan.Keesokan harinya Parikesit dipilih sebagai raja Hastinapura,Sang yusutsu menjaga tuan dari bhagawan Krepa.kemudian mereka melakukan upacara jenazah untuk menghormati arwah nenek moyang kaum Yadu dengan memberikan uang pada sang brahmana .setelah cara itu selesai,ditanggalkanya pakaian dan tanda kerajaan dan diserahkan pada parikesit.diterimanya pakaian dan tanda tersebut sebagai simbol pendeta.Datanglah Bhima,Arjuna,Nakula,Shadewa.Kemudian mereka semua bersama Dropadi mulia bertapa.Ia berpesan pada Subadra:
”adiku Subadra,tenangkan hatimu,kamu saya serahkan pada cucu kami,sang Parikesit,pelindung dunia dan tempat meminta pertolongan orang sholeh,janganlah kamu menangis hingga basah dengan air mata,karena hutan itu tempat kami menjalankan tapa.tenangkan hatimu.”
Sang Subadra tidak menjawab ,Sang Upuluy juga pulang ke dunia naga.Sang Citranggada kembali ke nipuraceda.Isti-istri raja kembali ke kerajaan masing-masing dengan menggunakan kendaraan kerajaan.Akhirnya mereka tinggal di Hastinpura.Bersandarlah pada Sang Parikesit.Semu menangisinya terutama Sang Subadra.

2. Ketika Pandawa berangkat bersama Dropadi,ada anjing yang mengikutinya.Mereka diantar oleh sang Yuyutsu,Bhagawan Krepa,orang tani,sang Brahmana,ksatria,waisya,sudra. Semua mengikuti dibelakangnya sambil menangis tak berdaya hingga suara tangisnya tak terdengar lagi.Mereka ingat Perbuatanya ketika pergi kedalam hutan,ketika mereka kalah berjudi.Demikianlah keadaanya dahulu,tidak ada orang yang dapat menggantikanya untuk berbakti kepada beliau lagi.demikian tangisnya terus menerus.Sekembalinya Sang Yuyutsyu menambah kesedihan Maharaja Yudhistira hingga pedih hati dan sakit hati sehingga Yuyutsyu dan bagawan Kerpa tidak membicaranya lagi.sang pandawa berjalan bersama Dropadi ,ada anjing yang mengikuti mereka tapi tidak tau dari mana asalnya.anjing itu sangat setia menemeni perjalanan mereka.mereka berjalan kearah utara,hingga menemukan sungai gangga.Tibalah mereka disungai yang dekat dengan pegunungan.Mereka melanjutkan perjalanan ketimur dan manemukan Puswasagara.Tetapi sekarang Sang Arjuna dan busurnya tak kunjung binasa.terlihatlah Sang Hyang Agni dalam bentuk manusia menghadng mereka.
” bho bhoh pandusuta wirah! Anda sekalian anak Pandu,aku Sang Hyang Agni,yang membakar sang Khandawana pada Arjuna dan sang Kresna,busur panah itu sebaiknya kamu kembalikan pada Baruna,karena tidak bergunabagi kalian.Seperti senjata Sudarsana yang sudh tidak berguna lagi bagi Kresna,pergilah ia,demikian juga engkau serahkanlah ia pada Bhatara Bharuna,bukankah tidak ada gunanya lagi bagi pendeta.
Demikianlah perkataan dewa Api.dengan hati-hati pandawa menyerahkan pusaka mahesudhi dengan cara dijatuhkanya di samudra.Maka senanglah Sang Agni.Sang Pandawa melanjutkan perjalanan ke selatan,tidak ada yang mengikutinya .Hilanglah panah dan busur mereka karena telah dikembalikan pad Bhatara Bharuna lantaran tajam.Mereka berjalan kesebelah kanan ke Bharatawarsa ,sampailah mereka di Daksinasagara,dan ke pacimasagara.Disana mereka menemukan Dwarawti berubah menjadi lautan.Tidak lagi menjadi kota.Akhirnya mereka menangis,terharu ketika tidak melihat kaum Yadu karena tergulung ombak.Tidak akan diceritakan ombak itu.Sampailah mereka di bukit berkabut (Himawan).Mereka melihat puncak mahameru dan ditemukanya gurun.di sana Dropadi gugur karena yoga dan jatuh ke Bumi
Dan berkatalah Werkudara ;

3. Sri Baginda Raja Yudhistira,lihatlah sang Dropadi tuanku.mati berguling ke Bumi,tidak berhak ikut tuanku,tolomglah ia,sang Raja”Dharmawangsa berkata:”Tuanku Sang Bima ,janganlah merasakan kesedihan terutama pada Dropadi.
”Pakspato mahan asya wicesena Dhananjaye,tasyaitat phalam adyaiwa prapnoti kulasattama”.
Dropadi mengasihi kita berlima,tetapi lebih menyukai arjuna.Karena buah perbuatan demikianlah ia menjadi demikian.”tuanku yang terhormat,Sahadewa ikut meninggal,terlihat terguling di tanah,perbuatan apakah yang dilakukanya?”
”Tuanku Werkudara demikianlah perkataan beliau:
”Na kasyacid mahaprajn atmanah sadrca bhawet,tena dosena patitas tasmad esa nrpatmajah.”
”Tak ada seorangpun yang menyamai kepandaianya di kerajaan ini.Segala perbuatan baik dan buruk akan dijumpainya.Karena itulah ia gugur.Sukar bagi mereka untuk membandingi kepandaianya di dunia ini.Itulah dosanya,karena itulah ia jatuh.Janganlah anda turut bersedih.”
”Tuanku Raja yang terhormat,beginilah sang nakula ikut mati,apakah sebabnya?”
Sang Werkudara berkata:
”Rupena natsamo nasti kccid ity asya darcanam,adhikac caham ewaika ity asya manasi sthitam.”
”Rupanya hal itu menimbulkan kesombongan dihatinya.Inilah dosanya yang membuatnya tidak berhak ikut kita.”
”Baginda Raja yang terhormat,demikian saktinya dn kuatnya arjuna,seperti Dewa Indra,tetapi tiba-tiba saja mati tanpa sebab,terlihat berguling di tanah.Apakah perbuatan buruknya?”
”Ekahna nirdahet catrun ity uwaca dananjayah,tatha caitan na tatha ca karttawyam bhumim icchata”.

4. ”Pada dahulu kala ketika melawan Kurawa,walaupun waktunya hanya sehari namun ia yakin dapat membuat musuh berpaling.sampai pada waktu pertempuranpun pikiranya meleset.Ia hanya mengungsi supaya ia hidup.itulah dosa Arjuna.Lantaran telah gugur ia tak berhak ikut dengan kita.”
”Baginda raja tolonglah Bima,tuanku.tiba-tiba tubuh hamba bergetar,tidak berhak ikut tuanku.”
”Adiku Bima,inilah akibat perbuatan burumu dulu”.
”Athibhuktam ca bhawata anapeksya paran iwa,bhaksan ca ktayayet hrdah tenasi patito bhuwi”.
”Tindakanmu yang gemar makan itulah,tidak perduli perjalanan anda.Perkataanmu yng kasar,membanggakan kesaktian menjadikan dosa buatmu.Karena itulah tidak berhak ikut kami,tenangkanlah hatimu”.
Demikianlah kata Raja,mati bergilinglah bima.keempat pandawa dan dropadi telah gugur.Dengan demikian Maharaja Yudhistira hanya berdua dengan anjingnya.Tidak diceritakan oleh Dharmawangsa tentang perjalanan beliau.Akan tetapi akan diceritakan mengenai yang meninggal,mengenai jiwa mereka beserta Dropadi.Setibnya di Banjaran Sari,mereka melewati jalan dan menemukan pintu berjumlah sembilan ,kemudian meminta pintu:Nenek Hamba Dewa Dwarika,kami minta pintu”!
”Hamba Pandawa .”
Menjawablah Bima:”Ah seandainya tidak diberi,akan kurobohkan pintu itu”.Dibukanya pintu itu dan lewatlah mereka.Sampai di persimpangan jalan Pandawa bingung ap yang harus diperbuat,karena setiap melihat jalan-jalan itu mereka tidak tahu jalan mana yang harus diikuti.Akhirnya menagislah mereka karena banyaknya jalan ke Surga.Jlan itu sunyi enyap,Pandawa lelah,kemudian datanglah resi narada yang menunjukan jalan.Mereka ditunjukan jalan ke Yamaloka.Melihat pandawa dibohongi Duryudna sedemikian rupa.Karna mengetahui kesengsaraan saudaranya(Pandawa).Karena itulah mereka diikuti.karena tidak diampuni bila membayr hutang pada Duryudana.Karna mempercepat langkah dan menyusul Pandawa.

5. Pandawa menyapa Karna:
”Selamat datang tuanku,apakah yang menyebabkan mengikuti kami?”.Berkatalah Karna:
”Adiku Dananjaya demikian:Hamba dulu ketika didunia tidak berperang dengan tuanku.Pembayaran hutangku pada Duryudana karena memberi senang pada tuanku,kubayar dengan kematian.Hambapun bersaudara dengan Pandawa.Sehingga nantipun ketika menemui kesengaraan kita tak berpisah.Oleh karena itu hamba turut bersedih dan berduka.”
Demikian kata Karna:tidak digambarkan keadaan di Yamaloka.sesudah sampai berucaplah Raja:
Ketika keempat pandawa dan Dropadi gugur,tinggalh Yudhistira seorang diri,akan tetapi ada seekor anjing yang menyosongnya dari kereta.Maharaja Yudhistira,janganlah anda sedih karena kematian saudara anda.Sifat dan perbuatan manusia demikian adanya agar mendapatkan surga.Mak karena buah perbuatan anda,anda kembali ke Surga seorang diri.”bhatara Indra yang terhormat,sesungguhnya anugrah ini sangat berlebuhan bagi hamba,maka hamba mohon anjing ini ikut kembali kesurga karena hamba tidak sampai hati meninggalkanya.
”Maharaja Yudhistira,bagaimana mungkin anjing ini ikut kesurga,karena kenyataanya kotor dan tidak suci.Bahkan seandainya memandang pada nasi,minuman keras,dilarang oleh dewata.Janganlah anda mengasihinya”.
”Demikianlah perintah Bhatara Indra pada sang Raja.
”Tak sampai hati hamba memutuskan kesetiaan,meninggalkan anjing ini” anjing ini selalu setia mengikuti hamba kemanapun pergi.Barang siapa memutuskan kesetiaan,betapa sengsaranya.Oleh karena itu hamba tidak akan meninggalkanya”
”Maharaja Yudhistira,sudah menjadi hukum yang pasti bahwa barang siapa memutuskan kesetiaan apalagi meninggalkan saudara mereka maka kesetiaan itu telah berhenti bagi tuanku”.
”Wahai Bhatara Indra bukan memutuskan kesetiaan namanya,karena meninggalkan kesetiaan ketika hidup sama halnya dengan istri yang setia,tidak mencuri uang orang sholeh,berkhianat pada teman.Karena itulah hamba tak sampai jika meninggalkanya.”.
Demikian perkataan Maharaja Yudhistira.Anjiing itu menghilang dan berubah menjadi Dewa Dharma.Maharaja Yudhistira keheranan.
”Anaku maharaja Yudhistira,untuk kedua kalinya hamba menguji engkau.Ketika enkau disoraki oleh Ddwaitawana,terlihat kejujuran dan keadilanmu.Engkau tidak mau menghidupkan Bima,Arjuna,Nakula,Sadewa,sebab akan terlihat kesedihan sang Madri.Oleh karena itu kamu tidak mau nantinya kamu akn gagal ke Surga karena mengasihi seekor anjing.Tak ada kekuranganmu dalam merasa belas kasihan.Karena itulah kembali ke surga seorang diri!”
Demikian kata Dewa Dharma.Datanglah Dewa berujud Bagawan narada.dia mengiringi perjalanan Yudhistira,terbang melayang dengan kereta sambil memuji:
”Lokan awrta yacasa tejawwrtya rodasim,swacarirena sawampraptam nanyam cucruma Pandawat”.
”Maharaja Yudhistira anda memenuhi surga dengan nama baik,tak ada bedanya kembali kesurga dengan hidup-hidup.Nantinya akan terlihat lebih baik baginya dari semua raj-raja yang terdahulu”.
”Wahai Bhatara Indra,”kata Yudhistira,dengarkanlah perkataan hamba:Dimana semua saudara hamba?”demikian kata yudhistira.
Janganlah merisaukan hal itu,maharaja Yudhistira.Janganlah mencampuri urusan-urusan saudaramu.Pikiran manusia memang demikian,sedangkan semua perbuatan akan kalian nikmati hasilnya.Perbuatan yang dilakukan manusia yang sempurna itu buah dari perbuatanya.janganlah anda mencampuri urusan saudaramu.tetapi hendaklah diperhatikan oleh kamu semua.
”Wahai Batara Indra,tak sampai hati hamba tidak peduli pad saudara-saudara hamba beserta Dropadi karena demikian banyaknya adik-adik hamba ikut dalam suka dan duka”.
”Tair winanotsahe wastum mahadaitya niwarhana,gantum iccnami tatraham yatra me bharataro gatah”.
”Pendek kata hamba tidak setuju kembali ke Surga jika tanpa saudara-saudara hamba serta Dropadi .Inilah pendapat hamba .
Demikian kata Maharaja yudhistira pada Hyang Surapati.


















BAB IV

A.Kesimpulan
Dalam satra jawa kuna yang berjudul Prasthanikparwa disana disebutkan tentang nilai serta ajaran yang dimiliki oleh orang jaman dulu serta tokoh-tokoh yang selalu jadikan contoh didalam pelaksanaan kehidupan nyata.Disisi lain diceritakan tentanng persaudaraan yang sangat erat yaitu pandawa yang ingin mencari surga secara bersama-sama dengan Dropadi.tapi dijalan mereka bertemu dengan banyak rintangan.Yang pertama Dropadi jatuh karena dia lebih menyukai Arjuna.lalu Arjuna juga mati karena di merasa sombong karena dapat membunuh musunya.Diikuti Nakula Sadewa karena mereka pikir pintar dan tampan.Werkudara ikut mati karena di sering berkata kasar dan terlalu banyak makanya.akhirnya yang paling bijaklah yang selamat,yaitu Yudhistira
Dalam ceruta diatas bahwa disebutkan orang jawa sangat menyadari bahwa didalam kehidupan sehari-hari orang harus dapat menempatkan diri dengan orang yang kedudukan dirinya dan sosial orang-orang lain yang dihadapinya baik tidak dihadapi.sikap ramah hormatitu diwujudkan dalam pemakaian bahasa atau ungah-ungguh bahasa dan sikap dari gerak gerik maupun raut muka.Yang kedua adalah kita harus punya sikap perwira yang ditandai dengan rela berkorban demi orang lain tanpa meminta balsaan.dan juga tidak boleh membedakan orang dari bentuk fisiknya saja,tetapi kita juga harus melihat juga pengorbanan dia pada kita.
Konsep istri mempunyai suami lebih dari 1 (Poliandri)ternyata di india sana masih ada.dan diodopsi dalam cerita Mahabarata bahwa Dropadi adalah istri Pandawa.Tetapi itu hanya adopsi dalam karya sastra saja,dan masyarakat jawa tidak mengadopsi kebudayaan tersebut.karena wanita hanya boleh punya suami satu saja.








DAFTAR PUSTAKA


Wojowasisto.1956.Kawisastra.Jakarta:Djambatan.
Purwadi.2005.Sejarah sastra jawa.Yogyakarta:gelombang pasang.
Any,anjar.1983.menyingkap serat wedhatama.Semarang:Aneka ilmu.
Depdiknas.2001.kamus besar bahasa indonesia.Jakarta:balai pustaka.
Mardiwarsito,l.1981.kamus jawa kuna indo.end flores:nusa indah.

Tidak ada komentar: